Paspor Masa Berlaku kurang Dari 6 Bulan bisa LOLOS Imigrasi

Kembali lagi dengan pengalaman baru yang cukup bikin jantung ini mau copot. Setelah dulu pernah bermasalah dengan double paspor dan berurusan dengan BAP PASPOR di Imigrasi yang bikin cemas setiap detak jantung haha, Kemaren lagi tapi bukan gue yang mengalami tapi masih jadi tanggung jawab gue karna yang berangkat adalah pax trip dari Tripjelita :)))"

Jadi saat Open Trip Singapura periode Januari 2019 kemarin di Trip Jelita (hayo yang belum follow trip Jelita Segera Follow!) haha ada 4 pax dari Surabaya dan saat itu giliran gue untuk nganterin semua pax sampai Juanda. Memang sempat sebelum berangkat salah satu pax gue bilang paspornya expired bublan Juli, setelah gue itung masih lebih dari 6 bulan kan berarti, aman dong tenang gue jawab santai iya gapapa masih bbisa kan masih 6 bulan, kemudian fix lah bayar dan tibba hari kebberangkatan gue anterin sampai Juanda.




Naaaah pas udah di counter Check In tiba-tiba pax gue nelfon, untungnya gue masih standby kan di Juanda, terus panik dan bilang bahwa Petugas Counter Check in nya bbilang gini  "ini paspornya Kurang dari 6 bulan loh mba, saya takut kalau mba nya gabisa diberangkatkan" nahloh gimana ngga panik tuh pax gue, kesian juga. Tambah panik juga gue dong waduh begimana kalo sampe dipulangin huhuhu syuper mampus paniknya! Tapi Alhamdulillah otak ini bekerja encer banget pas lagi keadaan genting2 nya , langsung auto search dong di Google tentang peraturan masa bberlaku passport yang boleh masuk ke Singapore. Naah Alhamdulillahnya nemu pengalaman yang sama juga yang paspor kurang dari 6 bulan tapi masa berlakunya masih 5 bulanan. Ternyata Masih bisa LOLOS walaupun dapet ancaman dari pihak imigrasi Indonesia. setelah googling singkat saya juga dapat informasi bahwa PERATURAN EXPIRED PASSPORT SINGAPURA ADALAH MAKSIMAL 3 BULAN. Dengan hati yang panik tapi sedikit lega juga saya langsung menyimpulkan bahwa berarti masih aman aja kalau misalkan mau ke Singapore karna masa bberlaku masih 5 bulan dan sudah ada tiket pulang perginya selama 3 hari. INGET hanya untuk kepentingan HOLIDAY 3-4hari saja maka Insha Allah Diizinkan dari pihak Imigrasi Indonesia.

Saya langsung tlp pax dan bilang " gausah panik mba (padahal jantung gue udah mau copot tapi masih bisa bilang gitu cobaaa bayangkan betapa strong nya hayati ini ), dilanjut aja sampai pemeriksaan imigrasi, sekalian juga gue kasih tips nanti cara jawabnya kalo di imigrasi di tanya masa berlaku kurang dari 6 bulan jawabb aja" saya ada kepentingan di Singapura hanya untuk 3 hari dan tunjukkan tiket pesawat pulang pergi, jadi Insya Allah bisa LOLOS".


Dengan kekuatan Bismillah saya pantau terus dengan hati cemas keringetan banget sampe udah beli kopi , kopinya gue buang ke tong sampah coba saking paniknya :(
begitu kelar Imigrasi saya tlp lagi dan Alhamdulillah LOLOS Imigrasi Indonesia dan tentunya dengan sebuah ancaman petugasnya "hmm ini masa bberlaku kurang dari 6 bulan ya, jangan anggap saya ngga pernah memulangkan ya, untuk kali ini saya loloskan, habis dari sana nanti langsung perpanjang paspor ya " hehehe Ngga apa-apa yang penting LOLOS dulu hehe.

Kepanikan gue belom berakhir masih mikir ntr gimana pas di Imigrasi Singapura apakah diancam juga atau gimana. Gila sih sepanjang perjalanan balik ke Malang ga tenang sama sekali. Dan Ternyata di Singapura Imigrasi nya ngga bermasalah alias aman guys ! jadi yang harus berlaku 6 bulan adalah peraturan Indonesia dan kalau mau ke Negara Asia selain Malaysia dan Singapura ya !

Huft tarik napas dulu lah :)))))

Tapi saran gue untuk aman nya kalian kalau mau pergi bberlibur ke luar negeri cek dulu masa berlaku paspor . Ini juga jadi pengalaman paling berharga gue buat pelajaran juga sebbagai pihak travel arrangement harus bener-bbener teliti ngecek semua detailnya :)

Begitulah pengalaman ter ndredeg gue haha semoga bisa bermanfaat yaa :)

Komentar